Sunday, 17 July 2016

surat pertanggung jawaban SPJ

BAB IV PENGELOLAAN DAN PENGAWASAN


A.    Pengelolaan  Dana Bantuan

1.   Penggunaan dana bantuan harus mengacu pada ketentuan dan aturan sebagaimana tertuang dalam akad kerjasama dan Petunjuk Teknis yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
2.   Semua pengeluaran/penggunaan dana bantuan harus disertai dengan bukti pengeluaran yang sah (sesuai dengan peraturan yang berlaku di dalam penggunaan uang negara).
3.  Semua bukti pengeluaran dibuat rangkap 2 (dua), dengan peruntukan sebagai berikut. Lembar pertama (asli) untuk arsip oleh lembaga penyelenggara dan lembar kedua disampaikan  bersamaan  dengan  laporan  pelaksanaan program ke Direktur Pembinaan PAUD/BPPAUDNI.
4. Pihak   penerima   bantuan   waji menyimpa dan mengadministrasikan semua bukti pengeluaran keuangan dengan sebaik-baiknya untuk persiapan pemeriksaan oleh auditor (Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP),       Badan       Pemeriksa       Keuangan       (BPK),
Bawasda/Bawaska  atau   pihak   berwenan lainnya dan disimpan untuk jangka waktu minimal 5 (lima) tahun.
Pengelolaan  Keuangan

1.   Pembelian  Barang

a Kuitansi dan Bukti Pembelian

Setiap  pembelian  barang  harus  disertai  bukti  pembelian berupa:
1)  Kuitansi dari toko, lengkap dengan tanda tangan penjual dengan dibubuhi stempel perusahaan/toko.
2)  Faktur/Nota Pembelian.


b.   Materai dan kuitansi

1)    Materai Rp 6.000,- (enam ribu rupiah) untuk pembelian di atas Rp. 1.000.000,-
2)    Materai Rp 3.000,- (tiga ribu rupiah) untuk pembelian senilai Rp. 500.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,-. Materai tersebut dilintasi tandatangan dan stempel perusahaan/toko.
3)         Pajak  pembelian barang menjadi tanggung jawab pihak penjual.
2.   Pembelian  Konsumsi

Pembelian  konsumsi  dapat  dilakukan  melalui  katering  atau rumah makan. Kelengkapan bukti pembelian konsumsi sama dengan pembelian barang.


3.   Pembayaran Honorarium

a. Setiap pembayaran honorarium harus ada bukti kuitansi penerimaan uang dari penerima honor (tidak boleh diwakilkan).
b.   Pembayaran honorarium harus dipungut PPh Pasal 21 dengan ketentuan.
c Honorarium  yang  diberikan  kepada  tenaga  berstatus  PNS

golongan II/d ke atas.



4.   Pajak

a.    Honorarium yang diberikan kepada tenaga berstatus non PNS adalah untuk kelebihan uang honorarium dari batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) yang jumlahnya ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pajak.
b.    Besar  Penghasilan  Tidak  Kena  Pajak  (PTKP)  untuk  diri Wajib Pajak orang pribadi adalah Rp. 15.840.000,- per tahun (Undang-undang    Nomor    36    Tahun    2008)    atau    Rp.1.320.000,- per bulan.

Lembaga berkewajiban untuk:
1)  Menyetorkan hasil pungutan pajak kepada Kas Negara
2)  Melampirkan  copy  semua  bukti  setor  pajak  tersebut dalam laporan akhir.

5.   Ketentuan lain

a.       Lembaga tidak diperkenankan memecah pembelian dengan tujuan menghindari pembayaran pajak.
b.      Lembaga  yang  tidak  melampirkan bukti  fisik  penggunaan dana dan pembayaran pajak dianggap belum menggunakan dana dan belum mempertanggungjawabkan keuangannya.
c.       Perubahan  AnggaranPergeseran  pembiayaan  yang berbeda dengan yang dicantumkan dalam proposal harus memperoleh persetujuan tertulis dari Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini/Kepala BPPAUDNI.
d.      Lembaga yang karena sesuatu hal mendapatkan dana double, wajib mengembalikan kembali kelebihan dana ke Negara.
 B.  Pelaporan
1. Waktu
a.       Setiap  lembaga  yang  telah  menerima  dana  bantuan diharuskan         menyampaikan laporan            kegiatan           dan pertanggungjawaban        keuangan         kepada  Direktur Pembinaan PAUD/Kepala BPPAUDNI.
b.      Paling  lambat  2   minggu  setelah  dana  masuk  pada rekening lembaga, lembaga diharuskan melaporkan penerimaan dana kepada Direktur Pembinaan PAUD/Kepala BPPAUDNI baik secara tertulis maupun melalui media elektronik (telepon, email, fax).
c.       Lapora disampaikan   ke   Direktora Pembinaan PAUD/BPPAUDNI dan ditembuskan kepada Dinas Pendidikan Kab/Kota.
d.      Pengeluaran harus sesuai dengan proposal yang diajukan.
e.      Semua bukti pengeluaran dibuat rangkap 2 (dua), dengan peruntukan sebagai berikut. Lembar pertama (asli) untuk arsip  oleh  lembaga  penyelenggara  dan  lembar  kedua disampaikan  bersamaa denga lapora pelaksanaan program  ke        Direktur Pembinaan      PAUD/Kepala BPPAUDNI.
f.       Laporan akhir disampaikan kepada Direktur Pembinaan PAU selambatnya   4   (empat)   bulan   setela dana diterima dan dipastikan keseluruhan kegiatan yang diusulkan dalam proposal selesai dilaksanakan.
2.   Sistematika Laporan

Laporan akhir berisi laporan pelaksanaan program dan pertanggungjawaban penggunaan dana secara keseluruhan, yang terdiri atas 4 bagian, yaitu:
1)  Halaman Sampul

Halaman sampul harus memuat judul laporan (jenis kegiatan), nama lembaga pelapor (sesuai dengan Akad) dan alamat lengkap lembaga.
2)  Pengantar

Dalam pengantar laporan harus ditandatangani oleh penanggungjawab kegiatan sesuai dengan Akad.
3)  Isi Laporan

Lembar isi laporan menggunakan sistematika sebagai berikut:

3.1    Bagian   1,  Pendahuluan.  Berisi  uraian  tentang:

kapan dana mulai diterima dan digunakan;

3.2    Bagian  2,  Pelaksanaan  Program.  Berisi  uraian realisasi penggunaan dana sesuai dengan proposal dihadapi selama  pelaksanaan program  disertai upaya pemecahan masalah yang telah dilakukan denga memperhatikan   faktor   penghambat   dan faktor  pendukung.  Perlu  juga  diuraikan  tentang hasil yang diperoleh dari upaya pemecahan masalah tersebut;
3.3    Bagian     3,    Menguraikan    seluruh    komponen- komponen penggunaan dana sesuai dengan keadaan riil di lapangan;
3.4    Bagian     4,    Penutup.    Berisi    uraian    tentang kesimpulan, saran dan harapan.



Contoh Laporan Penggunaan Dana


KOP Satuan (Logo, Nama Satuan, Alamat Lengkap)


LAPORAN PENGGUNAAN DANA

BANTUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN PAUD TAHUN 2014


1.      Halaman Sampul

Halaman sampul harus memuat judul laporan (jenis kegiatan), nama lembaga pelapor (sesuai dengan Akad) dan alamat lengkap lembaga.
2.      Pengantar

Dalam      pengantar     laporan      harus      ditandatangani     oleh penanggungjawab kegiatan sesuai dengan Akad.
3.      Isi Laporan


Bagian  1,  Pendahuluan.  Berisi  uraian  tentang:  kapan  dana mulai diterima dan digunakan; rencana kegiatan sesuai dengan yang diajukan di proposal; siapa saja yang terlibat atau dijadikan sasaran dalam setiap kegiatan; dan jadwal pelaksanaan kegiatan
Bagian  2, Pelaksanaan Program. Berisi uraian realisasi dari rencana yang tercantum dalam proposal.
Bagian 3, Penggunaan Dana.  Menguraikan seluruh komponen- komponen penggunaan dana sesuai dengan keadaan riil di lapangan
Bagian 4, Penutup. Berisi uraian tentang kesimpulan, saran dan harapan


                                              ...........................,...........2014

Pengelola Program,                                                                                       Bendaharawan,



(Stempel Satuan)

........................................                                                                              .....................................





RENCANA PENGGUNAAN DANA
NO
RENCANA PENGGUNAAN
 JUMLAH
1
Bantuan biaya masuk dan biaya administrasi
  2,160,000
2
Bantuan biaya Penyelenggaraan Proses Pembelajaran
  2,160,000
3
Pembelian bahan habis pakai, buku-buku acuan untuk pendidik, buku bacaan anak,atau ATK
  1,080,000
4
Pembelian alat-alat DDTK, pembelian obatobatan ringan, kotak P3K, transport petugas kesehatan
     360,000
5
Transport pendidik untuk mendukung pertemuan di Gugus PAUD
  1,440,000
JUMLAH
 7,200,000



MATRIK PENGGUNAAN DANA
BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN PAUD
NO
DANA DITERIMA
PENARIKAN
PENGGUNAAN
NO
PENARIKAN
 JUMLAH
NO
URAIAN PENGELUARAN
 JUMLAH
1
2
3
                            4
5
6
                    7
1
25 Agustus 2014 sebesar Rp 7.200.000,-
1
28 Agustus 2014
           7,200,000
1
- Biaya masuk pendaftaran anak
      900,000

2



3
dll

















































Total penarikan
           7,200,004


   7,200,000
Sisa
                            -


                    -
Mengetahui
Pengelola PAUD
Bendahara






FORMAT KWITANSI:


KWITANSI
Telah terima dari         : Bendahara PAUD Bintang Balita desa ujung watu donorojo Jepara

Uang sejumlah :   ---- dua juta seratus enam puluh ribu rupiah -----



Guna Membayar         : Bantuan Biaya masuk dan biaya administrasi

Terbilang                     :           Rp. 2.160.000,-          


                                                                                                Jepara,          September 2014
Mengetahui

Setuju dibayar                                     Lunas dibayar
Pengelola Paud                                   Bendahara                                           Penerima

                       

                                                                                                                                                           
 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   


Lampiran: Bantuan biaya masuk dan biaya administrasi


NO
URAIAN
VOLUME
JUMLAH
1
Biaya Masuk/ Pendaftaran
30.000 x 30 anak
900.000,-
2
Biaya Administrasi



-          Buku Laporan perkembangan anak
15.000 x 30 anak
450.000,-

-          Dll



-           



JUMLAH

2.160.000,-
                       
Mengetahiu
Pengelola PAUD


                           





DAFTAR PENERIMAAN
BANTUAN BIAYA MASUK/ PENDAFTARAN PESERTA DIDIK

NO
NAMA ANAK
NAMA ORANG TUA
TERIMA
TTD
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20




21




22




23




24




25




26




27




28




29




30




JUMLAH


TERBILANG: Sembilan ratus ribu rupiah

Mengetahiu
Pengelola PAUD

                           
Nota pembelian Buku Laporan perklembangan anak dan nota pendukung yang lain.




Untuk kegiatan yang lain kwitansi dan rekap sama disesuaikan dengan kebutuhan
-          Untuk Bantuan biaya penyelenggaraan proses pembelajaran boleh untuk transport tutor/ guru Harus dilampirkan SK Tutor , daftar hadir dan Daftar penerimaan transport Tutor
-          Untuk transport petugas kesehatan  disrtakan surat tugas/SK petugas kesehatan, daftar hadir dan daftar penerimaan.

-          Untuk transport pendidik untuk mendukung kegiatan di Gugus PAUD disertakan surat undangan rapat/pertemuan dari gugus/ himpaudi, sutar tugas dari lembaga dan daftar penerimaan transport tutor.

No comments:

Post a Comment