PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM SEMESTER

MATA PELAJARAN:
AQIDAH AKHLAK
KELAS V
SEMESTER 1 & 2
PROGRAM
SEMESTER
Mapel Aqidah Akhlak Kls. V Smt. 1
MI.
TAMRINUTH THULLAB
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
|
A
W
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
1.1
|
Memahami kalimat thayyibah (
Alhamdulillah dan Allahu Akbar ) Asmaul Husna (al
-Wahhaab, ar- Rozzaaq, al- Fattaah,
asy- Syakuur dan al -Mughni)
|
Mengenal Allah
melalui kalimat Thayyibah ( Alhamdulillah - الحمدلله dan Allahu Akbar - الله اكبر)
|
· Pengertian Al Allahu Akbar Hamdulillah
dan
·
Contoh
penggunaan Allahu
Akbar dan Al Hamdulillah
|
·
Membaca
dan Mengartikan Kalimat Thayibah Al-Hamdulillah
·
Membaca
dan Mengartikan Kalimat Thayibah Allahu Akbar
( الله اكبر )
· Contoh penggunaan Kalimat Thayibah
Al-Hamdulillah dan Allahu Akbar
|
4
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung
dalam Al Asmaul Husna al- Wahhaab, ar- Rozzaaq, al- Fattaah, asy -Syakuur dan
al-Mughni
|
· Pengertian asmaul husna Al Al Wahab,ar Razzaq, al
Fattah, asy Syakuur dan Al Mughni
· Hikmah membaca
Asmaul Husna Al Wahab,ar Razzaq, al Fattah, asy Syakuur dan Al
Mughni
· Bukti sifat Al Wahab,ar Razzaq, al Fattah, asy Syakuur dan Al
Mughni
|
§ Mengidefinisikan Asmaul Husna Al Wahab,ar Razzaq, al
Fattah, asy Syakuur dan Al Mughni
§ Melafalkan
Asmaul Husna Al Wahab,ar Razzaq, al
Fattah, asy Syakuur dan Al Mughni
§ Mengartikan
Asmaul Husna Al Wahab,ar Razzaq, al
Fattah, asy Syakuur dan Al Mughni
§ Menunjukkan hikmah membaca asmaul Husna
§ Menunjukkan
contoh bahwa Allah bersifat Al Wahab,ar
Razzaq, al Fattah, asy Syakuur
dan Al Mughni
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.1
|
Beriman
kepada hari akhir (kiamat).
|
Mengenal adanya hari akhir (kiamat).
|
· Pengertian qiamat
· Tanda-tanda qiamat
· Hikmah beriman kepada hari akhir
|
§ Menyebutkan
pengertian hari akhir (qiamat)
§ Menyebutkan
tanda-tanda hari akhir (qiamat)
§ Menunjukkan
dalil tentang hari akhir (qiamat)
§ Menyebutkan
hikmah mengimani hari akhir (qiamat)
§ Menunjukkan
contoh sikap yang menggambarkan beriman kepada hari akhir
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
|
A
W
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
3.1
|
Membiasakan akhlak terpuji
|
Membiasakan
sikap optimis, qanaah, dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Pengertian Optimis,
Qona’ah,dan Tawwakal
|
§ Menyebutkan pengertian Optimis,
Qona’ah,dan Tawwakal
§ Menunujukkan dalil tentang Optimis,
Qona’ah,dan Tawwakal
§ Menunjukkan contoh sikap Optimis,
Qona’ah,dan Tawwakal
§ Menyebutkan hikmah
berperilaku Optimis,
Qona’ah,dan Tawwakal
§ Menunjukkan
akibat tidak ber
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membiasakan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah
dan tempat umum.
|
·
Adab di tempat ibadah
·
Adab di tempat umum
|
§
Menyebutkan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah
§
Menunjukkan contoh akhlak yang baik ketika di tempat
ibadah
§
Menyebutkan hikmah berakhlak baik ketika di tempat
ibadah
§
Menyebutkan akibat tidak berakhlak baik ketika di
tempat ibadah
§
Menyebutkan akhlak yang baik ketika di tempat umum
§
Menunjukkan contoh akhlak yang baik ketika di tempat
umum
§
Menyebutkan hikmah berakhlak baik ketika di tempat umum
§
Menyebutkan akibat tidak berakhlak baik ketika di
tempat umum
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
5.1
|
Menghindari
akhlak tercela
|
Menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan
putus asa dalam kehidupan sehari-har
|
§
Pengertian sifat pesimis, bergantung, serakah, dan
putus asa
§
Dampak negatif dari sifat pesimis, bergantung, serakah,
dan putus asa
§
Keuntungan menghindari sifat pesimis, bergantung,
serakah, dan putus asa
|
§
Menyebutkan pengertian pesimis, bergantung, serakah,
dan putus asa
§
Menunjukkan contoh sikap pesimis, bergantung, serakah,
dan putus asa
§
Menunjukkan dampak negatif dari sikap pesimis,
bergantung, serakah, dan putus asa
§
Menyebutkan keuntungan menghindari sifat pesimis,
bergantung, serakah, dan putus asa
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji
Kompeten
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Kedung,
Kepala MI. Tamrinuth
Thullab Guru
Mapel/Kelas
HADI SUTRISNO, S.Ag. AH SYAFI’I, S.Pd.I.
PROGRAM
SEMESTER
Mapel Aqidah Akhlak Kls. V Smt. 2
MI.
TAMRINUTH THULLAB
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Indikator
|
AW
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
juni
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||
1.1
|
Memahami kalimat thayyibah (Tarji’)
dan Al-Asma al-Husna (Al Muhyii, Al Mumiit)
|
Mengenal Allah melalui kalimat
thayyibah ( Tarji’ )
|
· Pengertian kalimat thayyibah (Tarji’)
· Manfaat
membaca kalimat thayyibah
|
· Melafalkan kalimat thayyibah Inna lillahi
wainna ilaihi rojiun
· Menyebutkan penger-tian kalimat thayyibah
Inna lillahi wainna ilaihi rojiun
· Menyebutkan arti kalimat thayyibah Inna
lillahi wainna ilaihi rojiun
· Menunjukkan dalil tentang membaca kalimat
tarji’
· Menjelaskan manfaat mengucapkan Inna lillahi
wainna ilaihi rojiun
·
Menunjukkan
contoh menggunakan lafadz kalimat thayyibah Inna lillahi wainna ilaihi rojiun
|
10
|
2
|
4
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengenal Allah SWT melalui sifat –sifat yang terkandung di dalam Asma’ul Husna (Al Muhyi, Al Mumit, Al Baqi
)
|
· Pengertian
Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit
· Hikmah
Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al Mumiit
|
· Mendefinisikan Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan
Al Mumiit
· Melafalkan Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al
Mumiit
· Mengartikan Al-Asma Al-Husna Al Muhyii dan Al
Mumiit
· Menunjukkan contoh bahwa Allah bersifat Al
Muhyii
· Menunjukkan contoh bahwa Allah bersifat Al
Mumiit
·
Menunjukkan
hikmah membaca Al-Asma Al-Husna
|
10
|
|
|
|
|
|
3
|
2
|
2
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.1
|
Membiasakan
akhlak terpuji
|
Membiasakan
sikap teguh pendirian dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari
|
· Pengertian
teguh pendirian dan dermawan
· Keuntungan
bersikap teguh pendirian dan dermawan
|
· Menunjukkan
pengertian teguh pendirian
· Menunjukkan
contoh sikap teguh pendirian
· Menyebutkan
keuntungan bersikap teguh pendirian
· Menyebutkan
dampak negatif tidak bersikap teguh pendirian
· Membuat
rangkuman tentang sikap teguh pendirian
· Menunjukkan
pengertian dermawan
· Menunjukkan
contoh sikap dermawan
· Menyebutkan
keuntungan bersikap dermawan
· Menyebutkan
dampak negatif tidak bersikap dermawan
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
UTS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
|
Membiasakan
akhlak yang baik dalam. hidup bertetangga dan bermasyarakat
|
· Pengertian
dan contoh hidup bertetangga dan bermasyarakat
· Keuntungan
akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
|
· Menunjukkan pengertian akhlak dalam hidup
bertetangga dan bermasyarakat
· Menunjukkan dalil tentang hidup bertetangga
dan bermasyarakat
· Menunjukkan contoh akhlak yang baik dalam
hidup bertetangga dan bermasyarakat
· Menyebutkan keuntungan berakhlak baik dalam
hidup bertetangga dan bermasyarakat
· Menyebutkan dampak negatif tidak berakhlak
baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Menghindari
akhlak tercela
|
Membiasakan
diri untuk menghindari akhlak tercela (kikir dan serakah)
|
· Pengertian kikir dan serakah
· Dampak negatif sifat kikir dan serakah
· Kisah Qorun
· Sikap tercela Qorun
·
Hikmah
dari kisah Qorun
|
· Menyebutkan pengertian kikir dan serakah
· Menunjukkan contoh sikap kikir dan serakah
dalam kehidupan sehari-hari
· Menyebutkan akibat bersikap kikir dan serakah
· Menyebutkan cara-cara menghindari sikap kikir dan serakah dalam kehidupan
sehari-hari
· Menceritakan kisah Qorun
·
Menyebutkan
sifat-sifat tercela Qorun
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CADANGAN
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji
Kompeten
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengayaan
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Kedung,
Kepala MI. Tamrinuth
Thullab Guru
Mapel/Kelas
HADI SUTRISNO, S.Ag. AH SYAFI’I, S.Pd.I.
No comments:
Post a Comment