SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester :
Ganjil
Alokasi Waktu :
38 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 1. Melakukan operasi
hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1. Melakukan operasi hitung
bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran
|
Sifat Operasi hitung
bilangan bulat
o Penggunaan sifat komutatif,
Asosiatif, dan Distributif
o Pembulatan bilangan dalam
satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o Menaksir hasil operasi hitung
dua bilangan
|
o Memahami sifat operasi komutatif
pada penjumlahan
a
+ b = b + a
2
+ 3 = 3 + 2
5
= 5
o Mengerjakan latihan 1 s.d 14
o Memahami sifat operasi komutatif
pada perkalian
a x b
= b x a
2 x 3
= 3 x 2
6
= 6
o Mempelajari contoh Hlm. 5
o Memahami sifat operasi asosiatif
pada penjumlahan
![]()
o Mempelajari contoh Hlm.6
o Memahami sifat operasi asosiatif
pada perkalian
![]()
o Mempelajari contoh Hlm. 7, 8
o Mempelajari sifat distribusi
a x (b
+ c) = (a x b) + (a x c)
a x (b
– c) = (a x b) – (a x c)
o Membulatkan bilngan ke satuan
terdekatnya. Jika angka per sepuluhannya 1, 2, 3 dan 4 maka dihilangkan. Jika
angka per sepuluhannya 5, 6, 7, 9 maka dibulatkan menjadi 1
o Membulatkan bilngan ke puluhan
terdekatnya
o Membulatkan bilangan ke ratusan
terdekatnya.
o Mempelajari cara menaksir hasil
penjumlahan, pemgurangan, perkalian, pembagian
|
o
Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan
perhitungan secara efisien
o
Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan
terdekat
o
Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan
rumah
|
Latihan 1 Hlm.3
Latihan 2
Hlm. 4
Latihan 3 Hlm.5
Latihan4
Hlm.6
Latihan 5
Hlm. 7
Latihan6
Hlm. 9
Latihan7
Hlm. 10
Latihan8.
Hlm. 11
Latihan9
Hlm. 11
Latihan10
Hlm. 13
Latihan11
Hlm. 15
Latihan12
Hlm. 16
Latihan13
Hlm. 17
Latihan14
Hlm. 18
Latihan
pengayaan
|
10 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
1.2. Menggunakan faktor prima untuk
menentukan KPK dan FPB
|
KPK dan FPB
o Penggunaan KPK dan FPB untuk
memecahkan masalah sehari-hari
o Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan
masalah sehari-hari
|
o
![]()
56 = 2 x 2 x 2 x 7 = 22
x 7
o Mengerjakan latihan 1 s.d 4
o Menentukan KPK dari dua bilangan
pada contoh hlm. 21
o Menentukan FPB dari dua bilangan
pada contoh hlm. 22
o Mempelajari contoh Hlm. 23
|
o
Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK
|
Tugas IndVidu dan
Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan
rumah
|
Latihan
1.
Hlm.
21
Latihan
2.
Hlm.22
Latihan
3.
Hlm.23
Latihan
4.
Hlm
24
|
4 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
1.3. Melakukan operasi hitung
campuran bilangan bulat
|
Operasi Hitung Bilangan
Bulat
o Membaca dan Menulis Bilangan
Bulat (Hlm. 26)
o Operasi Penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat (Hlm. 29)
o Operasi Perkalian dan pembagian
bilangan bulat positif (Hlm. 42)
o Menyelesaikan masalah
sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat (Hlm. 50)
|
o Mengenal bilangan bulat positif
dan negatif dengan menggunakan garis bilangan
o Membaca dan menulis lambang
bilangan bulat
o Mengerjakan latihan 1 s.d 26
o Mengenal lawan suatu bilangan
dengan memperhatikan
o Mempelajari cara menjumlahkan
dua bilangan positif
o Mempelajari cara menjumlahkan
dua bilangan negatif pada contoh Hlm. 31
o Mempelajari cara menjumlahkan
bilangan positif dan negatif
o latihan pengayaan Hlm. 36
o Mempelajari cara mengurangkan
dua bilangan positif
o Mempelajari cara mengurangkan
bilangan positif dengan bilangan negatif
o Mempelajari cara mengurangkan
bilangan negatif dengan bilangan negatif
o Mempelajari cara mengalikan dua
bilangan positif
(+) x (+) = +
o Mempelajari cara mengalikan
bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) x (–) = –
(–) x (+) = –
o Mempelajari cara mengalikan dua
bilangan negatif
(–) x (–) = +
o Membagi bilangan positif dengan
bilangan positif
o Mempelajari cara membagi
bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) : (–) = –
(–) : (+) = –
o Mempelajari cara membagi dua
bilangan negatif
(–) : (–) = +
o Mempelajari cara menyelesaikan
hitungan campuran
o Mempelajari cara menyelesaikan
masalah segari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
|
o
Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
o
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan bulat
o
Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat
o
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat
|
Tugas IndVidu dan
Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan
rumah
Uraian
Objektif
|
Lat
1. Hlm. 27
Lat
2. Hlm. 28
Lat
2. Hlm. 28
Lat
4. Hlm. 29
Lat
5 Hlm. 29
Lat
7 Hlm. 29
Lat
8 Hlm. 29
Lat
10 Hlm. 33
Lat
11 Hlm. 34
Lat
6. Hlm. 30
Lat
9. Hlm. 33
Lat
12 Hlm. 35
Lat
13 Hlm. 37
Lat
14 Hlm. 38
Lat
15 Hlm. 39
Lat
16 Hlm. 40
Lat
17 Hlm. 40
Lat
18 Hlm. 42
Lat
19 Hlm. 43
Lat
21 Hlm. 44
Lat
20 Hlm. 44
Lat
22 Hlm. 46
Lat
23 Hlm. 47
Lat
24 Hlm. 48
Lat
25 Hlm. 49
Lat
27 Hlm. 51
Lat 26 Hlm. 50
|
12 jp
|
Sumber:
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
1.4. Menghitung perpangkatan dan akar
sederhana
|
Perpangkatan dan Akar
Sederhana
o Menuliskan perpangkatan dua
sebagai perkalian berulang (Hlm. 52)
o Operasi hiitung yang melibatkan
bilangan berpangkat dua (Hlm. 53)
o Penarikan akar pangkat dua dari
bilangan kuadrat (Hlm. 59)
o Membandingkan Bilangan bertanda
akar kuadrat dengan bilangan lain (Hlm. 61)
|
o Mempelajari contoh bilangan
berpangkat dua
32 = 3 x 3 = 9
secara umum a2 = a x a
o Mempalajari contoh Hlm. 53
o Mengetahui pola bilangan kuadrat
seperti 1, 4, 9, 16, 25, . .
o Mempelajari contoh penjumlahan
bilangan berpangkat dua, Hlm. 55
o Mempelajari contoh pengurangan
bilangan berpangkat dua, Hlm. 56
o Membahas latihan pengayaan
o Mempelajari contoh perkalian
bilangan berpangkat dua, Hlm. 57
o Mempelajari contoh pembagian
bilangan berpangkat dua, Hlm. 57
o Membahas teka-teki Hlm. 58
o Mempelajari contoh Hlm. 59
o Mempelajari langkah-lanmgkah
mencari hasil akar dariu suatu bilangan
o Mempalajari contoh Hlm. 60
o Mempelajari langkah-langkah
untuk membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangn lain
o Mempelajari contoh hlm. 61
|
o
Mencari hasil pemangkatan dua
o
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan berpangkat dua
o
Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan
o
Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan
kuadrat
o
Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
bilangan bulat
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 52
Latihan 2
Hlm. 53
Latihan 3.
Hlm. 54
Latihan 4
Hlm. 55
Latihan 6
Hlm. 56
Latihan 5
Hlm. 55
Latihan 7
Hlm. 57
Latihan 8
Hlm. 56
Latihan 9
Hlm. 59
Latihan 10
Hlm. 61
Latihan 11
Hlm. 62
|
10 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
1.5. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB
|
Perpangkatan dan Akar
Sederhana
o Memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua (Hlm. 62)
|
o
Mempelajari contoh Hlm. 62
o
Mengerjakan latihan 12 Hlm. 64
o
Memepelajari contoh Hlm. 64
o
Melakukan latihan pengayaan
|
o
Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
Latihan 12
Hlm. 64
Uji kompetensi Bab 1
Hlm. 65
|
4jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Hj. SITI MUALLIFAH, S.Ag.
|
|
Menganti,
........................................
Guru Kelas
DUL KARIM
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester :
Ganjil
Alokasi Waktu :
24 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 2. Menggunakan
pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
|||||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||
2.1. Menuliskan tanda waktu dengan
menggunakan notasi 24 jam
|
Pengukuran
Waktu
o
Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam
o
Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam
|
o
Membaca percakapan Hlm. 68
o
Mempelajari contoh Hlm. 69
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 2.
o
Memperhatikan tanda waktu 24 jam mulai dari pukul 01.00 sampai dengan
pukul 24.00. berdasarkan pada gambar Hlm. 70 – 71
|
o
Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1.
Hlm. 69
Latihan 2.
Hlm. 72
|
2 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
|||
2.2. Melakukan operasi hitung satuan
waktu
|
Pengukuran
Waktu
o Operasi hitung yang melibatkan
satuan waktu
|
o Mempelajari contoh Hlm. 73
tentang operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
o Mengerjakan latihan 3 no. 1 s.d
5 Hlm. 73
o Mengerjakan latihan 3 no. 6 s.d
15 Hlm. 74
|
o
Melakukan operasi hitung satuan waktu
o
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan
3
no.
1 s.d 5
Hlm.
73
Latihan
3
no. 6 s.d 15
Hlm.
74
|
4 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
|||
2.3. Melakukan pengukuran sudut
|
Pengukuran
Sudut
o Menentukan dan menaksir besar
suatu sudut
(Hlm.
75)
o Menggambar dan mengukur besar
sudut dengan busur derajat (Hlm. 79)
|
o
Menentukan besar sudut jam dinding tiap jarak dua angka yaitu 360° : 12 = 30°
o
Mempelajari contoh Hlm. 75
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 5
o
Menaksir besar sudut dengan mengingat
o Mempelajari contoh Hlm. 77
o Mempelajari langkah-langkah
dalam mengambar sudut sebesar 50°
o Memepelajari langkah-langkah
dalam mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat
|
o Menentukan dan menaksir besar
sudut
o Menggambar dan mengukur sudut
dengan busur derajat
|
Tugas Indvidu
|
Laporan buku pekerjaan
rumah
|
Latihan
1.
Hlm.
76
Latihan
2.
Hlm.
78
Latihan
3.
Hlm.
80
Latihan
4.
Hlm.
81
Latihan
5.
Hlm.
81
|
4 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
|||
2.4. Mengenal satuan jarak dan
kecepatan
|
Pengukuran
Jarak dan kecepatan
o Satuan Jarak (Hlm. 83)
|
o
Mempelajari hubungan satuan jarak :
km–hm–dam–m–dm–cm–mm
o Mempelajari contoh. Hlm. 83
o Mempelajari latihan 1 s.d 8
o Mempelajari contoh Hlm. 85
o memperhatikan contoh soal Hlm.
85
o Membahas pekerjaan rumah
o Mengenal satuan kecepatan
seperti :
-
km/menit
-
kilometer/detik
-
meter/jam
-
meter/menit
o Mempelajari contoh Hlm. 90
o Mempelajari pengukuran secara
tidak langsung
![]()
o Memepelajari contoh Hlm. 92
|
o
Mengenal hubungan antarsatuan jarak
o
Menghitung satuan jarak
o
Mengenal macam-macam satuan kecepatan
o
Mengukur kecepatan secara tidak langsung dan langsung
|
Tugas IndVidu
|
Laporan buku pekerjaan
rumah
|
Latihan
1
Hlm.
84
Latihan
2
Hlm.
84
Latihan
3.
Hlm.
85
Latihan
4, 5
Hlm.
86
Latihan
6
Hlm.
87
Latihan
7
Hlm.
88
Latihan
8.
Hlm.
90
|
8 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
|||
2.5. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan jarak dan kecepatan (Hlm. 92)
|
o
Membahas pekerjaan rumah
o
Mengerjakan latihan 10 no. 1 s.d 5 Hlm. 92
o
Mengerjakan latihan 11 no. 1 s.d 7 Hlm. 94
o
Memperhatikan teka-teki Hlm. 95
|
o
Menghitung masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan
|
Tugas IndVidu
|
Laporan buku pekerjaan
rumah
|
latihan
10
no.
5 s.d 10
Hlm.
92
Latihan
11
no.
8 s.d 15
Hlm.
94
Uji
kompetensi Bab 2. Hlm. 96
|
6 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Hj. SITI MUALLIFAH, S.Ag.
|
|
Menganti,
........................................
Guru Kelas
DUL KARIM
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester :
Ganjil
Alokasi Waktu :
10 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 3. Menghitung luas
bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1.
Menghitung luas trapesium dan layanglayang
|
Geometri
o
Menentukan Luas Bangun Datar Sederhana
|
o
Menemukan luas trapesium
o
Mengerjakan latihan 1 s.d 4
o
Menemukan luas layang-layang
o
Membahas pekerjaan Rumah latihan 3 dan 4 Hlm. 104
|
o
Menemukan Rumus Luas Trapesium dan Layang-Layang
o
Menghitung Luas Trapesium dan Layang-Layang
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 100
Latihan 2
Hlm. 102
Latihan 3
Hlm. 104
Latihan 4
Hlm. 104
|
6
jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
3.2.
Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
|
Geometri
o
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
|
o
Mempelajari contoh soal trapesium Hlm. 105
o
Mempelajari contoh soal Layang-layang Hlm. 106
o
Melakukan kegiatan Hlm. 107
o
Mengerjakan tugas Hlm. 107
|
o
Menyelesaikan masalah tentang trapesium dan Layang-Layang
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
Kegiatan
Hlm. 107
Latihan 5
no 1 s.d 5.
Hlm. 105
Latihan 6
no 1 s.d 4.
Hlm. 106
|
4
jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Hj. SITI MUALLIFAH, S.Ag.
|
|
Menganti,
........................................
Guru Kelas
DUL KARIM
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester :
Ganjil
Alokasi Waktu :
14 X 35 Menit
Standar
Kompetensi : 4. Menghitung Volume
Kubus Dan Balok Dan Menggunakannya Dalam Pemecahan Masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok Dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1. Menghitung volume
kubus dan balok
|
Geometri
o
Menemukan volume kubus dan balok (Hlm. 108)
|
o Mencari volume kubus
o Mengenal rumus volume kubus
V
kubus = luas alas x tinggi
o Mengerjakan latihan 1 s.d 6
o Mengenal rumus volume balok
Vbalok
=panjang x lebar x tinggi
o Mempelajari contoh Hlm. 110
o Mempelajari contoh Hlm. 111
o Membahas pekerjaan rumah
o Mengenal satuan baku tentang
volume
|
o Mencari Volume Kubus dan Balok
o Mengenal rumus volume kubus dan
balok
o Menghitung volume kubus dan
balok dengan rumus
o Mengenal satuan volume yang baku
|
Tugas IndVidu dan
Kelompok
|
Laporan dan unjuk
kerja
Uraian
Objektif
|
Latihan 1.
Hlm. 108
Latihan 2.
Hlm. 110
Latihan 3.
Hlm. 111
Latihan
4.
Hlm.
112
Latihan
5.
Hlm.
113
Latihan
6
No.
1 s.d 8
Hlm.
114
|
10 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
4.2. Menyelesaik-an masalah yang berkaitan
dengan volume kubus dan balok
|
Geometri
o
Menyelesaikan
|
o Mempelajari contoh soal kubus
Hlm. 115
o Mengerjakan latihan 7 a.d 8.
o Mempelajari contoh soal Balok
Hlm. 116
o Mengerjkakan uji kompetensi Bab
3. hlm. 117
|
o
Menyelesaikan masalah tentang kubus dan balok
|
Tugas Indvidu
|
Laporan dan unjuk
kerja
Uraian
Objektif
|
Latihan 8.
Hlm. 116
Latihan 7.
Hlm. 115
Uji Kompetensi Bab 3
Hlm.117
|
4 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Solo Tahun 2004
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Hj. SITI MUALLIFAH, S.Ag.
|
|
Menganti,
........................................
Guru Kelas
DUL KARIM
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 44 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 5. Menggunakan
pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
|||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||
5.1. Mengubah pecahan ke
bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
|
PECAHAN
Operasi penjumlahan dan pengurangan
o Mengubah Pecahan
Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya
(hlm. 2)
o Mengubah pecahan
Biasa menjadi desimal dan sebaliknya
(Hlm. 2)
|
o Memahami langkah
pengubahan pecahan biasa menjadi persen dengan mengubah penyebutnya menjadi
100
![]() ![]()
o Memahami langkah
pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan senilai yang memepunyai penyebut 10,
100, atau 1000
![]()
o Memahami cara
mengerjakan contoh soal Hlm. 5
![]() |
o Mengubah Pecahan
Biasa Menjadi Persen
o Mengubah pecahan
Biasa menjadi desimal
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
|
8 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
|||
5.2. Menjumlahkan dan
mengurangkan berbagai bentuk pecahan
|
PECAHAN
Operasi penjumlahan dan pengurangan
o Menjumlahkan dan
mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o Pemecahan masalah
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)
|
o
Memahami contoh soal hlm 13 s.d hlm 20
o
Mengerjkan latihan 5 s.d 22 dan pengayaan
o
Menjelaskan contoh soal hlm. 13
![]()
o
Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut
dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
![]()
o
Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut
dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
![]()
o
Mempelajari contoh soal Hlm. 19
![]()
o
Mempelajari contoh soal Hlm. 20
![]()
o
Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan masalah
sehari-hari Hlm. 21
o
Mengerjakan latihan pengayaan Hlm. 24
|
o Menjumlahkan pecahan
berpenyebut tidak sama
o Menjumlahkan pecahan
biasa dengan pecahan campuran
o
Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal
serta campuran
o
Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan
desimal
o
Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara
berturut-turut
o
Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o
Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan
biasa dari pecahan campuran
o
Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan
berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o
Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
o
Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal
o
Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah
sehari-hari
|
Tugas
IndVidu dan Kelompok
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
|
16 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
|||
5.3. Mengalikan dan
membagi berbagai bentuk pecahan
|
PECAHAN
Operasi
Perkalian dan pembagian
o Perkalian Pecahan
(Hlm. 26)
o Pembagian pecahan
(Hlm. 34)
|
o
Mempelajari langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu
tingkat pengerjaan operasi perkalian
-
pecahan biasa dengan pecahan biasa
-
pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-
perkalian pecahan campuran dengan persen
o
Meurunkan rumus
![]()
o
Mengerjakn latihan 1 s.d 21
o
Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu
tingkat pengerjaan operasi pembagian
yaitu pengurangan berulang sampai habis pada :
-
pecahan biasa dengan pecahan biasa
-
pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-
perkalian pecahan campuran dengan persen
o
Menjelaskan latihan pengayaan Hlm. 42
o
Mempelajari cara menjawab contoh Hlm. 46
|
o Menghitung perkalian
dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o Menghitung perkalian
dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o Menghitung perkalian
dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o Menghitung perkalian
dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o Menghitung perkalian
dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
o Menghitung operasi
hitung campuran berbagai bentuk pecahan
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
|
12 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
|||
5.4. Menggunakan pecahan
dalam masalah perbandingan dan skala
|
PECAHAN
Pecahan dan
perbandingan
o Mengenal arti
pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
o Operasi Hitung
dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm. 54)
|
o
Mempelajari langkah pengerjaan soal hlm. 51
Ada 3 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
![]()
Ada 2 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
![]()
o
Mengerjakan latihan 1 Hlm. 51 dan latihan pengayaan Hlm.
53
o
Mempelajari perbandingan pada suhu
Reamur(°R) : Celcius(°C) :
Fahrenheit(°F) = 4 : 5 (+ 32°)
o
Mengerjakan latihan 2, 3 hlm 55
o
Memahami soal
cerita mengenai perbandingan dan skala
Skala = jarak pada peta : jarak benda
o
Mengerjakan latihan 4 Hlm. 56,
o
Mengerjakan latihan 5 Hlm. 57, dan latihan 6 Hlm. 58
o
Uji kompetensi Bab 4 Hlm. 61
|
o Mengenal perbandingan
sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o Menghitung
perbanding untuk mengukur suhu dan skala
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
|
8 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Hj. SITI MUALLIFAH, S.Ag.
|
|
Menganti,
........................................
Guru Kelas
DUL KARIM
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Genap
Alokasi Waktu : 32 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 6. Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1. Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar
|
SIFAT-SIFAT
BANGUN
Bangun Datar
dan Bangun ruang
o Bangun datar (Hlm.
64)
|
o Memahami sifat-sifat
segitiga dan menyebutkan macam segitiga :
-
segitiga sama sisi
-
segitiga sama kaki
-
segitiga siku-siku
-
segitiga sembarang
o Mempelajari cara
mengambar segitiga
o Mengerjakan latihan
1 s.d 6
o Menggambar persegi
panjang
o Mempelajari
sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan jajaran genjang
o Memberikan
pertanyaan apakah lingkaran yang kamu buat berbentuk lingkaran yang sempurna
?
o Menyebutkan
benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran
o Mempelajari
sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran
o Menjawab tugas Hlm.
73
o Mempelajari
sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan layang-layang
o Mengerjakan kegiatan
Hlm. 75
|
o Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang
o Menggambar bangun
segitiga dan persegi panjang
o Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang
o Menggambar bangun
segitiga dan persegi panjang
o Mengidentifikasi
sifat-sifat lingkaran
o Menggambar lingkaran
dengan jangka
o Mengidentifikasi
sifat-sifat belah ketupat
o Menggambar belah
ketupat
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
|
8 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi Priyo
Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
6.2. Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun ruang
|
SIFAT-SIFAT
BANGUN
Bangun Ruang
(Hlm. 75)
|
o Memahami sifat-sifat
dan cara mengambar Bangun Ruang ;
-
Tabung
-
Prisma tegak segiempat
-
Limas segiempat
-
Limas segitiga
-
Kerucut
o Mengerjakan latihan
11 s.d 12
o Mengerjakan tugas
o mengerjakan tugas
dari guru latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79
|
o Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
o Menggambar bangun
prisma tegak, Limas, dan Kerucut
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
|
6 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
6.3. Menentukan
jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
|
SIFAT-SIFAT
BANGUN
Bangun Ruang
(Hlm. 75)
|
o Mempelajari cara
membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
o Memahami bahwa jaring-jaring bagun ruang sederhana
bisa dibuat lebih dari satu
o Mengerjakan tugas
Hlm. 85
o Menugaskan untuk
mengerjakan latihan 13
|
o
Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
|
6 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
6.4. Menyelidiki
sifat-sifat kesebangunan dan simetri
|
SIFAT-SIFAT
BANGUN
Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar
o Menunjukkan
kesebangun antarbangun datar (Hlm. 88)
o Menentukan simetri
lipat dan simetri putar (Hlm. 91)
|
o Menjelaskan simetri
lipat dan cara mencari simetri lipat
o Menjelaskan contoh
soal Hlm. 92
o Menugaskan
mengerjakan latihan 1 s.d 2
o Menjelaskan simetri
putar dan cara mencari simetri lipat
o Menugaskan untuk
menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat dan putar
|
o Menunjukkan
sifat-sifat kesebangun antarbangun
o Menunjukkan dan
menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
|
6 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan,
Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
·
·
|
6.5. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
SIFAT-SIFAT
BANGUN
|
o Menjawab soal yang
berkaitan dengan bangun datar dan ruang sederhana
o Mengerjakan uji
kompetensi bab 5. Hlm. 96
o Mengerjakan Latihan
soal Akhir Tahun Hlm. 99
|
o Menghitung masalah
yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan buku
pekerjaan rumah
|
|
6 jp
|
·
Aep
Saepuden, dkk, Gemar
Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional,
PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·
Dwi
Priyo Utomo, dkk, Matematika
Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT
Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·
M.
Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI
Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·
Supardjo,
Gemar Berhitung
Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri Solo Tahun 2004
|
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
dan Tanggung jawab ( responsibility )
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Hj. SITI MUALLIFAH, S.Ag.
|
|
Menganti,
........................................
Guru Kelas
DUL KARIM
|
No comments:
Post a Comment