Monday, 18 July 2016

silabus matematika untuk MI/SD

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Ganjil

Alokasi Waktu                    : 38 x 35 menit
Standar Kompetensi          : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1.      Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran




Sifat Operasi hitung bilangan bulat

o  Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif

o  Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat

o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan


o Memahami sifat operasi komutatif pada penjumlahan
a + b = b + a
2 + 3 = 3 + 2
   5    =   5

o Mengerjakan latihan 1 s.d 14
o Memahami sifat operasi komutatif pada perkalian
a x b = b x a
2 x 3 = 3 x 2
   6    =   6

o Mempelajari contoh Hlm. 5

o Memahami sifat operasi asosiatif pada penjumlahan

o Mempelajari contoh Hlm.6
o Memahami sifat operasi asosiatif pada perkalian

o Mempelajari contoh Hlm. 7, 8
o Mempelajari sifat distribusi
a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
a x (b – c) = (a x b) – (a x c)
o Membulatkan bilngan ke satuan terdekatnya. Jika angka per sepuluhannya 1, 2, 3 dan 4 maka dihilangkan. Jika angka per sepuluhannya 5, 6, 7, 9 maka dibulatkan menjadi 1
o Membulatkan bilngan ke puluhan terdekatnya
o Membulatkan bilangan ke ratusan terdekatnya.
o Mempelajari cara menaksir hasil penjumlahan, pemgurangan, perkalian, pembagian


o  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien

o  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat

o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan


Tugas IndVidu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan 1 Hlm.3

Latihan 2
Hlm. 4

Latihan 3 Hlm.5

Latihan4
Hlm.6

Latihan 5
Hlm. 7

Latihan6
Hlm. 9

Latihan7
Hlm. 10

Latihan8.
Hlm. 11

Latihan9
Hlm. 11



Latihan10
Hlm. 13

Latihan11
Hlm. 15

Latihan12
Hlm. 16

Latihan13
Hlm. 17

Latihan14
Hlm. 18

Latihan pengayaan

10 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


1.2.      Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB


KPK dan FPB

o  Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari



o  Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari


o  Mempelajari contoh mencari faktor prima Hlm. 20








56 = 2 x 2 x 2 x 7 = 22 x 7

o  Mengerjakan latihan 1 s.d 4
o  Menentukan KPK dari dua bilangan pada contoh hlm. 21
o  Menentukan FPB dari dua bilangan pada contoh hlm. 22
o  Mempelajari contoh Hlm. 23


o  Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK




Tugas IndVidu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah




Latihan 1.
Hlm. 21

Latihan 2.
Hlm.22

Latihan 3.
Hlm.23



Latihan 4.
Hlm 24


4 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004





si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


1.3.      Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat


Operasi Hitung Bilangan Bulat

o Membaca dan Menulis Bilangan Bulat (Hlm. 26)

o Operasi Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (Hlm. 29)

o Operasi Perkalian dan pembagian bilangan bulat positif (Hlm. 42)

o Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat (Hlm. 50)


o  Mengenal bilangan bulat positif dan negatif dengan menggunakan garis bilangan
o  Membaca dan menulis lambang bilangan bulat
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 26
o  Mengenal lawan suatu bilangan dengan memperhatikan
o  Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan positif
o  Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan negatif pada contoh Hlm. 31
o  Mempelajari cara menjumlahkan bilangan positif dan negatif
o  latihan pengayaan Hlm. 36
o  Mempelajari cara mengurangkan dua bilangan positif
o  Mempelajari cara mengurangkan bilangan positif dengan bilangan negatif
o  Mempelajari cara mengurangkan bilangan negatif dengan bilangan negatif
o  Mempelajari cara mengalikan dua bilangan positif
(+) x (+) = +   

o  Mempelajari cara mengalikan bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) x (–) = –     
(–) x (+) = –

o  Mempelajari cara mengalikan dua bilangan negatif
(–) x (–) = +     
o  Membagi bilangan positif dengan bilangan positif
o  Mempelajari cara membagi bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya
(+) : (–) = –    
(–) : (+) = –     
o  Mempelajari cara membagi dua bilangan negatif
(–) : (–) = +    

o  Mempelajari cara menyelesaikan hitungan campuran
o  Mempelajari cara menyelesaikan masalah segari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.

o  Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka

o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat

o  Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat

o  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat




Tugas IndVidu dan Kelompok








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif




Lat 1. Hlm. 27
Lat 2. Hlm. 28

Lat 2. Hlm. 28
Lat 4. Hlm. 29

Lat 5 Hlm. 29
Lat 7 Hlm. 29

Lat 8 Hlm. 29
Lat 10 Hlm. 33

Lat 11 Hlm. 34
Lat 6. Hlm. 30

Lat 9. Hlm. 33
Lat 12 Hlm. 35

Lat 13 Hlm. 37
Lat 14 Hlm. 38

Lat 15 Hlm. 39
Lat 16 Hlm. 40

Lat 17 Hlm. 40

Lat 18 Hlm. 42

Lat 19 Hlm. 43

Lat 21 Hlm. 44

Lat 20 Hlm. 44



Lat 22 Hlm. 46

Lat 23 Hlm. 47

Lat 24 Hlm. 48

Lat 25 Hlm. 49

Lat 27 Hlm. 51

Lat 26 Hlm. 50

12 jp

Sumber:

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


1.4.      Menghitung perpangkatan dan akar sederhana


Perpangkatan dan Akar Sederhana

o  Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang (Hlm. 52)

o  Operasi hiitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua (Hlm. 53)

o  Penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat (Hlm. 59)

o  Membandingkan Bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangan lain (Hlm. 61)





o Mempelajari contoh bilangan berpangkat dua
32 =  3 x 3 = 9
secara umum a2 = a x a
o Mempalajari contoh Hlm. 53
o Mengetahui pola bilangan kuadrat seperti 1, 4, 9, 16, 25, . .
o Mempelajari contoh penjumlahan bilangan berpangkat dua, Hlm. 55
o Mempelajari contoh pengurangan bilangan berpangkat dua, Hlm. 56
o Membahas latihan pengayaan
o Mempelajari contoh perkalian bilangan berpangkat dua, Hlm. 57
o Mempelajari contoh pembagian bilangan berpangkat dua, Hlm. 57
o Membahas teka-teki Hlm. 58
o Mempelajari contoh  Hlm. 59
o Mempelajari langkah-lanmgkah mencari hasil akar dariu suatu bilangan
o Mempalajari contoh Hlm. 60
o Mempelajari langkah-langkah untuk membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangn lain
o Mempelajari contoh hlm. 61


o  Mencari hasil pemangkatan dua

o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua

o  Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan

o  Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat

o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat



Tugas IndVidu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm. 52

Latihan 2
Hlm. 53

Latihan 3.
Hlm. 54

Latihan 4
Hlm. 55

Latihan 6
Hlm. 56

Latihan 5
Hlm. 55

Latihan 7
Hlm. 57

Latihan 8
Hlm. 56

Latihan 9
Hlm. 59

Latihan 10
Hlm. 61

Latihan 11
Hlm. 62



10 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


1.5.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB


Perpangkatan dan Akar Sederhana

o  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua (Hlm. 62)


o   Mempelajari contoh Hlm. 62
o   Mengerjakan latihan 12 Hlm. 64
o   Memepelajari contoh Hlm. 64
o   Melakukan latihan pengayaan



o  Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat


Tugas Individu



Laporan


Latihan 12
Hlm. 64

Uji kompetensi Bab 1
Hlm. 65

4jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )



Mengetahui,
Kepala Madrasah



    Hj.  SITI MUALLIFAH, S.Ag.

Menganti, ........................................
Guru Kelas



 DUL KARIM
      



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Ganjil

Alokasi Waktu                    : 24 x 35 menit
Standar Kompetensi          : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1.   Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam


Pengukuran

Waktu
o  Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam
o  Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam


o  Membaca percakapan Hlm. 68
o  Mempelajari contoh Hlm. 69
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 2.
o  Memperhatikan tanda waktu 24 jam mulai dari pukul 01.00 sampai dengan pukul 24.00. berdasarkan pada gambar Hlm. 70 – 71



o  Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam


Tugas Indvidu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1.
Hlm. 69

Latihan 2.
Hlm. 72


2 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


2.2.   Melakukan operasi hitung satuan waktu


Pengukuran

Waktu
o  Operasi hitung yang melibatkan satuan waktu


o  Mempelajari contoh Hlm. 73 tentang operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
o  Mengerjakan latihan 3 no. 1 s.d 5 Hlm. 73
o  Mengerjakan latihan 3 no. 6 s.d 15 Hlm. 74


o  Melakukan operasi hitung satuan waktu

o  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu

Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 3
no. 1 s.d 5
Hlm. 73

Latihan 3
 no. 6 s.d 15
Hlm. 74


4 jp


·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


2.3.   Melakukan pengukuran sudut


Pengukuran
Sudut
o  Menentukan dan menaksir besar suatu sudut
(Hlm. 75)


o  Menggambar dan mengukur besar sudut dengan busur derajat (Hlm. 79)


o  Menentukan besar sudut jam dinding tiap jarak dua angka yaitu 360° : 12 = 30°
o  Mempelajari contoh Hlm. 75
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 5
o  Menaksir besar sudut dengan mengingat
-   sudut lancip
-   sudut siku-siku
-   sudut tumpul
=
=
=
< 90°
90°
> 90°
o  Mempelajari contoh Hlm. 77
o  Mempelajari langkah-langkah dalam mengambar sudut sebesar 50°
o  Memepelajari langkah-langkah dalam mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat


o  Menentukan dan menaksir besar sudut

o  Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat


Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1.
Hlm. 76

Latihan 2.
Hlm. 78



Latihan 3.
Hlm. 80

Latihan 4.
Hlm. 81

Latihan 5.
Hlm. 81


4 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


2.4.   Mengenal satuan jarak dan kecepatan


Pengukuran

Jarak dan kecepatan
o  Satuan Jarak (Hlm. 83)


o  Mempelajari hubungan satuan jarak :
km–hm–dam–m–dm–cm–mm
o  Mempelajari contoh. Hlm. 83
o  Mempelajari latihan 1 s.d 8
o  Mempelajari contoh Hlm. 85
o  memperhatikan contoh soal Hlm. 85
o  Membahas pekerjaan rumah
o  Mengenal satuan kecepatan seperti :
-   km/menit
-   kilometer/detik
-   meter/jam
-   meter/menit
o  Mempelajari contoh Hlm. 90
o  Mempelajari pengukuran secara tidak langsung

o  Memepelajari contoh Hlm. 92


o  Mengenal hubungan antarsatuan jarak

o  Menghitung satuan jarak

o  Mengenal macam-macam satuan kecepatan

o  Mengukur kecepatan secara tidak langsung dan langsung


Tugas IndVidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm. 84

Latihan 2
Hlm. 84

Latihan 3.
Hlm. 85

Latihan 4, 5
Hlm. 86

Latihan 6
Hlm. 87

Latihan 7
Hlm. 88

Latihan 8.
Hlm. 90


8 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


2.5.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan


Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak dan kecepatan (Hlm. 92)


o  Membahas pekerjaan rumah
o  Mengerjakan latihan 10 no. 1 s.d 5 Hlm. 92
o  Mengerjakan latihan 11 no. 1 s.d 7 Hlm. 94
o  Memperhatikan teka-teki Hlm. 95


o  Menghitung masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan


Tugas IndVidu


Laporan buku pekerjaan rumah


latihan 10
no. 5 s.d 10
Hlm. 92
Latihan 11
no. 8 s.d 15
Hlm. 94
Uji kompetensi Bab 2. Hlm. 96

6 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )


Mengetahui,
Kepala Madrasah



    Hj.  SITI MUALLIFAH, S.Ag.

Menganti, ........................................
Guru Kelas



 DUL KARIM
      



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Ganjil

Alokasi Waktu                    : 10 x 35 menit
Standar Kompetensi          : 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1.  Menghitung luas trapesium dan layanglayang


Geometri
o  Menentukan Luas Bangun Datar Sederhana


o  Menemukan luas trapesium
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 4
o  Menemukan luas layang-layang
o  Membahas pekerjaan Rumah latihan 3 dan 4 Hlm. 104


o  Menemukan Rumus Luas Trapesium dan Layang-Layang

o  Menghitung Luas Trapesium dan Layang-Layang


Tugas IndVidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1
Hlm. 100

Latihan 2
Hlm. 102

Latihan 3
Hlm. 104

Latihan 4
Hlm. 104


6 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


3.2.  Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar


Geometri
o  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar


o  Mempelajari contoh soal trapesium Hlm. 105
o  Mempelajari contoh soal Layang-layang Hlm. 106
o  Melakukan kegiatan Hlm. 107
o  Mengerjakan tugas Hlm. 107


o  Menyelesaikan masalah tentang trapesium dan Layang-Layang


Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah


Kegiatan
Hlm. 107

Latihan 5
no 1 s.d 5.
Hlm. 105

Latihan 6
no 1 s.d 4.
Hlm. 106


4 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )


Mengetahui,
Kepala Madrasah



    Hj.  SITI MUALLIFAH, S.Ag.

Menganti, ........................................
Guru Kelas



 DUL KARIM
      



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Ganjil

Alokasi Waktu                    : 14 X 35 Menit
Standar Kompetensi          : 4. Menghitung Volume Kubus Dan Balok Dan Menggunakannya Dalam Pemecahan Masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok Dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1. Menghitung volume kubus dan balok


Geometri

o  Menemukan volume kubus dan balok (Hlm. 108)


o  Mencari volume kubus
o  Mengenal rumus volume kubus
V kubus = luas alas x tinggi
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 6
o  Mengenal rumus volume balok
Vbalok =panjang x lebar x tinggi
o  Mempelajari contoh Hlm. 110
o  Mempelajari contoh Hlm. 111
o  Membahas pekerjaan rumah
o  Mengenal satuan baku tentang volume


o  Mencari Volume Kubus dan Balok

o  Mengenal rumus volume kubus dan balok

o  Menghitung volume kubus dan balok dengan rumus

o  Mengenal satuan volume yang baku



Tugas IndVidu dan Kelompok




Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif




Latihan 1.
Hlm. 108

Latihan 2.
Hlm. 110

Latihan 3.
Hlm. 111

Latihan 4.
Hlm. 112

Latihan 5.
Hlm. 113

Latihan 6
No. 1 s.d 8
Hlm. 114


10 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004



4.2.  Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok


Geometri
o  Menyelesaikan


o  Mempelajari contoh soal kubus Hlm. 115
o  Mengerjakan latihan 7 a.d 8.
o  Mempelajari contoh soal Balok Hlm. 116
o  Mengerjkakan uji kompetensi Bab 3. hlm. 117




o  Menyelesaikan masalah tentang kubus dan balok


Tugas Indvidu




Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif




Latihan 8.
Hlm. 116

Latihan 7.
Hlm. 115





Uji Kompetensi Bab 3
Hlm.117


4 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )


Mengetahui,
Kepala Madrasah



    Hj.  SITI MUALLIFAH, S.Ag.

Menganti, ........................................
Guru Kelas



 DUL KARIM
      
SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Genap

Alokasi Waktu                    : 44 x 35 menit
Standar Kompetensi          : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1.   Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya


PECAHAN

Operasi penjumlahan dan pengurangan 



o  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya
(hlm. 2)


o  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya
(Hlm. 2)


o Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi persen dengan mengubah penyebutnya menjadi 100
o Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan senilai yang memepunyai penyebut 10, 100, atau 1000
o Memahami cara mengerjakan contoh soal Hlm. 5

o  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen

o  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal


Tugas IndVidu




Laporan buku pekerjaan rumah







8 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


5.2.   Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan


PECAHAN

Operasi penjumlahan dan pengurangan 

o  Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)












o  Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)


o   Memahami contoh soal hlm 13 s.d hlm 20
o   Mengerjkan latihan 5 s.d 22 dan pengayaan
o   Menjelaskan contoh soal hlm. 13
o   Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
o   Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut


o   Mempelajari contoh soal Hlm. 19
o   Mempelajari contoh soal Hlm. 20
 
o   Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan masalah sehari-hari Hlm. 21
o   Mengerjakan latihan pengayaan Hlm. 24


o  Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o  Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran

o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
o  Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut

o  Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o  Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
o  Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut

o  Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
o  Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal

o  Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari


Tugas IndVidu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah





16 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004

si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


5.3.   Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan


PECAHAN

Operasi Perkalian dan pembagian

o Perkalian Pecahan (Hlm. 26)

o Pembagian pecahan (Hlm. 34)


o  Mempelajari langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi perkalian
-   pecahan biasa dengan pecahan biasa
-   pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-   perkalian pecahan campuran dengan persen

o  Meurunkan rumus
o  Mengerjakn latihan 1 s.d 21
o  Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi pembagian  yaitu pengurangan berulang sampai habis pada :
-   pecahan biasa dengan pecahan biasa
-   pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-   perkalian pecahan campuran dengan persen

o  Menjelaskan latihan pengayaan Hlm. 42
o  Mempelajari cara menjawab contoh Hlm. 46


o  Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa

o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya




o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya

o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya

o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya

o  Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan






Tugas Indvidu








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif





12 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004

si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


5.4.   Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala



PECAHAN

Pecahan dan perbandingan

o  Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)

o  Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm. 54)






o   Mempelajari langkah pengerjaan soal hlm. 51
 

Ada 3 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
Ada 2 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
o   Mengerjakan latihan 1 Hlm. 51 dan latihan pengayaan Hlm. 53

o   Mempelajari perbandingan pada suhu
Reamur(°R) : Celcius(°C) : Fahrenheit(°F) = 4 : 5 (+ 32°)

o   Mengerjakan latihan 2, 3 hlm 55
o   Memahami  soal cerita mengenai perbandingan dan skala
Skala = jarak pada peta : jarak benda

o   Mengerjakan latihan 4 Hlm. 56,
o   Mengerjakan latihan 5 Hlm. 57, dan latihan 6 Hlm. 58
o   Uji kompetensi Bab 4 Hlm. 61


o  Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan

o  Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala


Tugas IndVidu



Laporan buku pekerjaan rumah



8 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004

si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )



Mengetahui,
Kepala Madrasah



    Hj.  SITI MUALLIFAH, S.Ag.

Menganti, ........................................
Guru Kelas



 DUL KARIM
      



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : MI. DARUL HIKMAH MENGANTI

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : V

Semester                               : Genap

Alokasi Waktu                    : 32 x 35 menit
Standar Kompetensi          : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun


Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1.   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar


SIFAT-SIFAT BANGUN

Bangun Datar dan Bangun ruang

o  Bangun datar (Hlm. 64)


o  Memahami sifat-sifat segitiga dan menyebutkan macam segitiga :
-     segitiga sama sisi
-     segitiga sama kaki
-     segitiga siku-siku
-     segitiga sembarang
o  Mempelajari cara mengambar segitiga
o  Mengerjakan latihan 1 s.d 6
o  Menggambar persegi panjang
o  Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan jajaran genjang
o  Memberikan pertanyaan apakah lingkaran yang kamu buat berbentuk lingkaran yang sempurna ?
o  Menyebutkan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran
o  Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran
o  Menjawab tugas Hlm. 73
o  Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan layang-layang
o  Mengerjakan kegiatan Hlm. 75


o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang

o  Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang

o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang

o  Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang

o  Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran

o  Menggambar lingkaran dengan jangka

o  Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat

o  Menggambar belah ketupat


Tugas Indvidu



Laporan buku pekerjaan rumah



8 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004

si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


6.2.   Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang


SIFAT-SIFAT BANGUN

Bangun Ruang
(Hlm. 75)


o  Memahami sifat-sifat dan cara mengambar  Bangun Ruang ;
-   Tabung
-   Prisma tegak segiempat
-   Limas segiempat
-   Limas segitiga
-   Kerucut
o  Mengerjakan latihan 11 s.d 12
o  Mengerjakan tugas
o  mengerjakan tugas dari guru latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79


o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut

o  Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut


Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah



6 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004
si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,


6.3.   Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana


SIFAT-SIFAT BANGUN

Bangun Ruang
(Hlm. 75)


o  Mempelajari cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
o  Memahami  bahwa jaring-jaring bagun ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu
o  Mengerjakan tugas Hlm. 85
o  Menugaskan untuk mengerjakan latihan 13



o  Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana


Tugas Indvidu




Laporan buku pekerjaan rumah



6 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004


6.4.   Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri


SIFAT-SIFAT BANGUN

Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar
o  Menunjukkan kesebangun antarbangun datar (Hlm. 88)
o  Menentukan simetri lipat dan simetri putar (Hlm. 91)


o  Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat
o  Menjelaskan contoh soal Hlm. 92
o  Menugaskan mengerjakan latihan 1 s.d 2
o  Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat
o  Menugaskan untuk menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat dan putar


o  Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun

o  Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar


Tugas IndVidu




Laporan buku pekerjaan rumah




6 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004
·si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
·lompokkan,

6.5.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana


SIFAT-SIFAT BANGUN


o  Menjawab soal yang berkaitan dengan bangun datar dan ruang sederhana
o  Mengerjakan uji kompetensi bab 5. Hlm. 96
o  Mengerjakan Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99


o  Menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana


Tugas IndVidu


Laporan buku pekerjaan rumah




6 jp

·       Aep Saepuden, dkk, Gemar Belajar Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan, Nasional, PT. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta Tahun 2009
·       Dwi Priyo Utomo, dkk, Matematika Kelas V, Departemen Pendidikan Nasional. PT Mentari Pustaka, Jakarta Tahun 2009
·       M. Khafid, Suyati, Matematika Penekanan Berhitung SD/MI Kelas 5, Pt Erlangga Jakarta tahun 2006
·       Supardjo, Gemar Berhitung Matematika 5, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo Tahun 2004
si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )


Mengetahui,
Kepala Madrasah



    Hj.  SITI MUALLIFAH, S.Ag.

Menganti, ........................................
Guru Kelas



 DUL KARIM
      


No comments:

Post a Comment